6 Kabupaten Belum Miliki Unit Koperas

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memaparkan perkembangan sebaran koperasi yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat menunjukkan angka yang bervariatif. Data yang dipresentasikan di depan sejumlah pejabat Bappeda se Papua dan Papua Barat 19/2/2013 di Sentani Kabupaten Jayapura terungkap di Provinsi Papua masih ada dua kabupaten yaitu Mamberamo Tengah dan Intan Jaya, sedang di Papua Barat ada empat kabupaten yaitu Raja Ampat, Teluk Bintuni, Tambrauw dan Maybrat, hingga November 2012 belum ada unit koperasi.

Ir. Wayan Suarja AR, MBA SAM Bidang Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, dari 29 kabupaten yang ada di Provinsi Papua tercatat terbanyak ada di Kota Jayapura, yaitu sebanyak 335 koperasi. Urutan terbanyak kedua dan ketiga adalah Kabupaten Mimika, 307 Koperasi dan Kabupaten Merauke, 306 Koperasi. Total keseluruhan jumlah anggota di Provinsi Papua, terdapat 127.447 anggota.

Selengkapnya lihat tabel:

Sedang sebaran jumlah unit koperasi di Provinsi Papua Barat dari 11 kabupaten, tercatat terbanyak ada di Kabupaten Manokwari, yaitu sebanyak 299 koperasi. Urutan terbanyak kedua dan ketiga adalah Kabupaten Fak-fak, 175 Koperasi dan Kabupaten Sorong, 126 Koperasi. Total keseluruhan jumlah anggota di Provinsi Papua Barat, sebanyak 53.338 anggota.

Selengkapnya lihat tabel:

Alokasi program Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Provinsi Papua Tahun 2013 diantaranya: pengembangan koperasi di bidang makanan dan minuman, pengembangan bidang kakao, bantuan permodalan di pedesaaan dan perkotaan, pembangunan pasar di daerah tertinggal dan pasar tradisional, penataan pedagang kaki, pendidikan dan latihan.

Rencana Alokasi Kementerian Koperasi dan UKM di Provinsi Papua Tahun 2013
Selengkapnya lihat tabel:



Comments

Popular posts from this blog

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam

874 Koperasi di Papua Tidak Aktif