Disperindagkop Fokus Kembangkan Koperasi Kampung

Senin, 16 Februari 2015, Ditulis oleh  Ant/Papos

JAYAPURA [PAPOS] - Dinas Perindustrian dan Koperasi Kota Jayapura, Papua, berencana untuk mengembangkan koperasi kampung sesuai dengan potensi sumber daya alam di wilayah tersebut.
"Kami akan bina usaha kecil menengah sesuai dengan potensi yang ada di kampung masing-masing," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperindakop Kota Jayapura Robert Lukas Awi di Jayapura, Senin.Robert mengatakan pihaknya akan membentuk koperasi pada tahun ini (2015), untuk menunjang setiap potensi sumber daya alam yang ada di masing-masing kampung.

"Kemudian kami akan bentuk koperasi tahun ini selain dalam bentuk bangunan yang kami beri, barang-barangnya juga akan kami isi sehingga mereka dapat melakukan percepatan ekonomi sesuai dengan potensi di masing-masing kampung," katanya.Selain pemberian bantuan secara fisik, pihaknya akan selalu mendampingi untuk melatih setiap pengusaha yang ada di kampung.

"Kami harapkan seperti masyarakat yang ada di Skouw, potensi yang kami kembangkan adalah kelapa, sagu," jelasnya.

Selain sagu dan kelapa yang dikembangkan di daerah (Skouwsai dan Skouwyambe), kata dia di wilayah (koya Barat) yang dikembangkan adalah tanaman pangan, (holtekamp) untuk ikan, dan di (Nafri) untuk ibu-ibu pengusaha kerajinan tangan dan industri rumah tangga, kemudian di GKI Bethel dan GKI Pniel Kotaraja.

"Mereka meminta bantuan pada kami untuk bangunan, sehingga yang kami bantu seperti mini ruko,"katanya.Ia berharap tahun berikutnya disperindagkop dapat membantu masyarakat lebih banyak lagi, "Jadi kami hanya bisa membantu lima kampung dan dua gereja dulu," tuturnya.[ant/nk]

Terakhir diperbarui pada Senin, 16 Februari 2015 23:57

Comments

Popular posts from this blog

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam

874 Koperasi di Papua Tidak Aktif